Rabu, 03 Juli 2013

Kesejahteraan Masyarakat Indonesia


Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Indonesia


Tahun demi tahun, pemerintahan telah silih berganti, namun pertanyaan yang patut terlontarkan, sudah sejahterakah rakyat di negeri ini? Pertanyaan tersebut patut dikemukakan sebab hampir di setiap rezim pemerintahan, jargon kesejahteraan selalu diusungnya. Bahkan hal tersebut selalu digunakan untuk membius pikiran dan keinginan rakyat agar selaras dengan kemauan pemerintah.
Bagi pemerintah ketika pertanyaan tersebut terlontar mungkin akan menjawab sudah, namun bagi sebagian masyarakat akan menjawab belum. Lalu apa sebenarnya parameter atau indikator kesejahteraan. Banyak teori untuk menilai kesejahteraan rakyat, salah satunya adalah Indeks pembangunan masyarakat (IPM), atau indeks kesejahteraan masyarakat (human development indeks). Berkaitan dengan IPM ini UNDP di bawah bendera PBB mencantumkan tiga indikator yaitu pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat. Artinya tinggi rendahnya tingkat kesejahteraan rakyat, tergantung pada tiga hal ini, bila sebagian besar sudah terpenuhi ketiganya berarti tingkat kesejahteraan di negara tersebut cukup tinggi.

Pada awalnya untuk menilai tingkat kesejahteraan masyarakat menggunkana indikator GNP (grost nasional product) dan indikator lain yang selaras seperti tingkat inflasi, pengangguran, investasi, tingkat pembelanjaan pemerintah, tingkat konsumsi dan posisi neraca perdagangan. Teori ini dipresentasikan oleh John Mayard Keynes dan diterima PBB sebagai alat untuk mengukur tingkat kesejahteraan rakyat sebuah negara. Namun beberapa tahun belakang indikator tersebut mulai ditinggalkan. UNDP mulai menggunakan indikator lain dalam menilai tingkat kesejahteraan rakyat sebuah negara, seorang pakar ekonomi Pakistan, Mahbub ul haq mulai mengembangkan konsep baru. Beliau mengoreksi cara mengukur tingkat kesejahteraan dengan GNP. Tingginya angka GNP tingginya tingkat kesejahteraan rakyat tidak dapat diterima begitu saja. Sebab angka GNP adalah angka rata-rata. Sementara rata-rata bermakna bahwa masyarakat dapat mengakses kehidupan dengan rata dan mempunyai pendapatan yang rata juga, padahal tidak demikian.

Gambaran mudahnya, dengan masuknya beberapa konglomerat kaya ke suatu negara secara otomatis mendongkrak angka GNP padahal dibalik itu banyak rakyat yang dalam keadaan kekurangan. Sehingga Amartya sen, ekonom kelahiran India, penerima Nobel ekonomi pernah mengatakan kemiskinan tidak selalu identik dengan kekurangan pangan namun dapat saja karena kurang adanya pemerataan, disinilah beliau menekankan pentingnya distribusi.
Berpijak dari sanalah dikembangkan indikator kesejahteraan lain, yaitu indeks pembanguna masyarakat. Sementara itu hal selaras yang saat ini masih menjadi perbincangan hangat yaitu adanya keinginan sebagian masyarakat yang ingin memasukkan variabel moral, dan tingkat partisipasi masyarakat dalam politik ke dalam indikator IPM. Pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat hanya mengukur kesejahteraan fisik saja sementara non fisiknya belum terukur maka perlu memasukkan variabel tersebut, bahkan akhir akhir ini, indeks demokrasi, perlakuan jender masuk dalam pengukuran IPM. Bila dilihat dengan tiga indikator yang sudah fixed tersebut, bagaimanakah kondisi kesejahteraan masyarakat Indonesia saat ini?


Pendidikan


Cara melihat tingkat pendidikan suatu negara minimal dengan dua indikator yaitu angka melek huruf dan lama melanjutkan pendidikan. Saat ini terlihat di tiga wilayah saja angka buta huruf masih tinggi, Jawa Tengah 15,2%, Jawa Timur 18,7% dan Jawa Barat 7,8% dari fakta ini terlihat masih banyak masyarakat yang belum memperoleh akses pendidikan. Hal ini juga mencerminkan kualitas masyarakat Indonesia masih rendah sehingga tidak aneh bila dibandingkan dengan negara lain pendidikan Indonesia di posisi belakang.
Dari 79 perguruan tinggi yang tercatat di Asia, UGM yang merupakan ikon perguruan tinggi ternama di Indonesia menduduki peringkat ke-67, UI 70, UNDIP 77 dan UNAIR paling bawah 79. Peringkat ini dilihat dari reputasi akademik, SDM/dosen, hasil karya riset, sumber dana, gaji dosen, rasio mahasiswa tiap dosen, publikasi jurnal internasional dan kepadatan bandwith komputernya. Sementara itu yang bercokol diperingkat atas adalah Universitas Tohuku (Tahuku University) Jepang. Universitas lain yang masih berada di peringkat atas, ranking 10 Melbourn University, ranking 23 Waseda University Jepang, ranking 27 universitas Malaya Malaysia, ranking 32 philipines University, ranking 39 Mahidong University Thailand dan ranking 45 University of Delhi India.
Lain universitas lain pula institut sain dan teknologi, di antara 35 institut yang di survey ikon institut ternama di Indonesia, yaitu ITB berada diurutan 15, masih mendingan karena mampu melampui 20 institut ternama lain yang tersebar di beberapa negara di Asia. Namun yang mengejutkan urutan 4, 5, 6, dan 7 di borong India, sementara itu ranking satu berada di bawah Bendera Korea Advanced science and teknology Institut. (Jawapos, 14 Desember 2004)


Kesehatan


Tingkat kesehatan rakyat sebuah negara dapat dilihat dari angka umur harapan hidup (UHH). Tahun 2000 UHH rakyat Indonesia 65,6 tahun semnatar itu tahun berikutnya 2001 naik menjadi 65,8, ini mencerminkan tingkat kesehatan masyarakat mengalami perbaikan. Namun secara internasional UHH rakyat Indonesia masih rendah. Pada tahun yang sama UHH rakyat Thailand 69,9 tahun, Malaysia 72,2 tahun, Singapura 77,4 tahun dan Jepang 80,8 tahun. Mengapa UHH indonesia rendah yang berarti tingkat kesehatannya belum baik, hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain rendahnya akses pelayanan kesehatan, rendahnya akses air bersih, rendahnya gizi balita, mewabahnya penyakit menular dan lambannya penanganan kematian ibu melahirkan.


Daya beli masyarakat


Pendapatan perkapita masyarakat mengalami fluktuasi, tahun 1996 pengeluaran perkapita Rp. 587, 4 juta rupiah, tahun 1999 mengalami penurunan sehingga besarnya cuma Rp. 578,8 juta hal ini disebabkan oleh badai krisis yang saat itu melanda negara-negara Asia termasuk Indonesia, namun selang 3 tahun kemudian pengeluaran perkapita merayap naik sehingga tahun 2002 besarnya pengeluaran perkapita mencapai Rp. 591,2 juta. Perbaikan ekonomi yang saat ini sudah mulai membaik, ternyata membias pada aset penjualan PT Astra Internasional, dalam enam bulan terakhir di tahun 2004 khusus di Jawa Barat saja mobil yang terjual 1712 unit, terdiri dari Minibus dan Pick Up terjual 594 unit, Taruna 162 unit, Ceria 42 unit dan primadona baru Xenia 914 unit.
Daya beli sebagian masyarakat meningkat.meskipun mayoritas mengalami penurunan dan berdasar angka statistik pemerintah pada survey tahun lalu, 19 persen masyarakat Indonesia miskin. Dari 211 juta penduduk Indonesia tahun 2003, sekitar 6-8 juta (3-4%) penduduk masuk kategori kaya, minimal memiliki aset 4 juta dollar AS atau sekitar Rp 32,2 milliar. Sementara itu sekitar 21 juta (10%) jumlah penduduk Indonesia tergolong setengah kaya dengan aset 500 000 dollasr AS atau sekitar Rp 4 milliar.
Jumlah kelas menengah Indonesia sekitar 32 juta (15%) dengan pendapatan minimal Rp3,5 juta sebulan. Kelas inilah yang meramaikan mall, supermarket, restoran, shoping center dan lain sebagainya. Kemudian kelompok berikutnya masyarakat dengan pendapatan Rp 800.000 – 1.000.000 mencapai 50 juta (40%) terdiri dari petani dan pekerja. Mereka yang bermukim di perkotaan dari kelompok ini sesekali mengunjungi mal dan supermarket. Dan mereka yang memiliki konsumsi minimal mencapai sekitar 110 juta. Di luar itu mereka hanya hidup pas-pasan dan berada dibawah garis kemiskinan yang jumlahnya jutaan. (Investor edisi 93, Januari 2004)
Inilah contoh indikator dalam penelitian tingkat kesejahteraan suatu masyarakat:




NO
INDIKATOR
KAYA
SEDANG
MISKIN
1
Rumah
Batu
Kayu
Bambu
2
a. Atap
Seng / Tegel
Seng
Seng bekas
3
b. Dinding
Batu
Papan/tembok
Gamacca
4
c. Lantai
Tegel
Papan/semen
Tanah
5
d. WC
Ada
Ada
Tidak ada
6
Fasilitas
Ada / lengkap
Kurang
Tidak ada
7
a. TV
TV warna
TV hitam putih
Tidak ada
8
b. Radio
Radio Tape
Radio baterei
Tidak ada
9
c. Listrik
Ada
Ada
Tidak ada
10
Pendapatan(Rp/ bulan)
800.000 keatas
400.000-750.000
150.000-300.000
11
Pendidikan
SMP/SMA keatas
SD/SMP
Tidak sekolah/SD
12
Kepemilikan lahan
1 Ha keatas
10 a – 1 ha
0-5 a
13
Kepemilikan ternak
5 ekor sapi keatas
2-4 ekor sapi
Ayam / 1 ekor sapi
14
Kepemilikan kendaraan
Mobil
Motor
Tidak ada
15
Kesehatan
Rumah Sakit
Pustu/mantra kesehatan
Sanro/dukun
16
Pola makan
3x sehari/beras/daging
2x sehari/beras/jagung/ikan bolu
2x sehari/beras/jagung/ikan teri/daun singkong
17
Status kepemilikan
Milik sendiri
Menumpang
Tidak ada


Indikator Kesejahteraan Rakyat  merupakan publikasi tahunan BPS yangmenyajikan tingkat perkembangan kesejahteraan rakyat Indonesia antarwaktu dan perbandingannya antar provinsi serta daerah tempattinggalData yang digunakan bersumber dari BPS dan instansi lain di luarBPS. Sebagian besar data indikator kesejahteraan rakyat merujuk pada dataSusenas , khusus untuk data ketenagakerjaan bersumber dari Sakernas
Berikut gambar peta kemiskinan Indonesia dari BPS:


Untuk mengukur tingkat kemiskinan, BPS menggunakan konsepkemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach). Denganpendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisiekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makananyang diukur dari sisi pengeluaranDigunakan Head Count Index (HCI), yaitupersentase penduduk yang berada di bawah Garis KemiskinanMetode yangdigunakan adalah menghitung Garis Kemiskinan (GK), yang terdiri daridua komponen yaitu Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan GarisKemiskinan Bukan-Makanan (GKBM). Penghitungan Garis Kemiskinandilakukan secara terpisah untuk daerah perkotaan dan perdesaanPendudukmiskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita perbulan dibawah Garis Kemiskinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Potret Penduduk Indonesia ---> Potret dua sisi Kehidupan Penduduk Indonesia

Pelanggan

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info