Rabu, 03 Juli 2013

Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Desa


UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Pemerintah Kota Batu)



ABSTRACT Pemerintah kota Batu berasal dari sebagian daerah kabupaten Malang yang terdiri atas kecamatan Batu, kecamatan Bumiaji dan kecamatan Junrejo. “Undang-undang No 11 tahun 2001 tentang pembentukan kota Batu” secara geografis wilayah kota Batu mempunyai kedudukan strategis, baik dari segi ekonomi maupun sosial dan budaya, serta potensi pertanian, industri, perdagangan, dan pariwisata yang ada di kota Batu, mempunyai prospek yang baik terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
Desa Pendem adalah salah dari ketujuh desa yang ada di kecamatan Junrejo pemerintahan kota Batu, yang terletak 3 Km di sebelah timur dari pusat pemerintahan kota Batu, dan berjarak 15 Km dari kota Malang. Lokasi desa Pendem sangat strategis karena desa Pendem adalah pintu masuk dari berbagai wilayah untuk menuju ke kota Batu. Kondisi ini merupakan potensi yang sangat menguntungkan karena dekat dengan sarana dan prasarana transportasi utama. Berbagai upaya untuk meninkatkan kesejahteraan masyarakat telah dilakukan sejak awal dibentuknya pemerintahan kota Batu. Antara lain melalui pembangunan bidang fisik maupun non fisik, lalu bagaimana pelaksanaan dari pembangunan tersebut pada pemerintah tingkat desa seperti yang terjadi pada pemerintahan desa Pendem, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, serta bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat yang mencakup 3 kebutuhan dasar manusia yang meliputi kebutuhan fisik, psikis dan sosial. Jenis atau tipe penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah Indepth Interview/ wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer didapat dari hasil wawancara dengan kepala desa, seketaris desa serta dengan beberapa perwakilan dari toko masyarakat. Sedangkan sumber data sekunder di dapat dari data-data kepandudukan yang ada pada kantor desa Pendem, serta beberapa buku-buku referensi penunjang penelitian ini. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan dasar masyarakat desa pendem yang meliputi kebutuhan fisik, psikis dan sosial dapat terpenuhi meskipun secara kualitas antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain berbeda. Pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pembanguna bidang fisik dan non fisik. Pembangunan bidang fisik meliputi: 1) Pembuatan Trotoar Jalan Utama 2) Pembuatan TPS (Tempat Pembuangan Sampah) 3) Pelengsengan Depan Sekolah 4) Penambahan Sarana dan Prasarana Belajar 5) Pengadaan Komputer 6) Pembuatan Tembok Keliling Lapangan Desa. 7) Bantuan Mesin Bajak Tanah 8) Bantuan Mesin Pompa Air 9) Pelengsengan Saluran Irigasi Pembangunan bidang non fisik meliputi: 1) Bidang Sosial 2) Bidang Ekonomi 3) Bidang Budaya 4) Bidang Ketertiban Desa Dari pelaksanaan program-program tersebut diatas tidak sepenuhnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, hal ini dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah, sehingga menghambat dari beberapa pelaksanaan program yang telah dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Potret Penduduk Indonesia ---> Potret dua sisi Kehidupan Penduduk Indonesia

Pelanggan

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info